Skip to main content

Bagaimana Mempersiapkan Acara Pernikahan Dalam Waktu Setahun?

Bagaimana Mempersiapkan Acara Pernikahan Dalam Waktu Setahun? Siapa sih yang tidak ingin menggelar resepi pernikahannya di hari-H dengan sukses? Tentunya terdapat beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum menggelar pesta pernikahan, terutama di bagian biaya dan anggaran pernikahan.

Banyak sekali calon pengantin diluar sana yang mempunyai masalah dalam menentukan anggaran saat ingin melangsungkan pernikahan, misalnya seperti tidak cukup anggaran menyewa catering makanan, pembuatan undangan, biaya sewa gaun, souvernir, make-up, wedding venue hingga sewa acara penghibur seperti band-band dan masih banyak lagi.

Tetapi jika kamu bisa menyesuaikannya maka anggaran tidak akan menjadi masalah saat ingin mempersiapkan pesta pernikahamu. Cukup dalam waktu setahun saja, kamu sudah bisa memiliki anggaran yang cukup dan tidak terlalu mahal dalam menggelar resepsi pernikahan. Berikut ini adalah cara-caranya:

Bagaimana Mempersiapkan Acara Pernikahan Dalam Waktu Setahun?

  • Gajimu dan Pasanganmu Jangan Disatukan

Jika kamu dan pasanganmu telah sama-sama berpenghasilan dan memiliki pekerjaan tetap, ada baiknya jangan lupa untuk menyisihkan sebagian gaji kamu setiap bulannya. Disarankan agar kamu memisahkan sisa gajimu dengan gaji pasanganmu, lebih baik lagi jika kalian membagi tugas antara kamu dengan pasanganmu. Misalnya sisihkan gajimu untuk mencicil anggaran sewa catering makanan dan pasanganmu menyisihkannya untuk make-up.

  • Sisihkan Gajimu 100 Ribu Perbulan Untuk Menyewa Gaun Pengantin

Bagi kamu yang memiliki kebutuhan bulanan rutin memang lebih susah untuk menyisihkan uang sebesar Rp 100 ribu perbulannya. Jika perbulan kamu dapat menyisihkannya sebesar Rp 100 ribu, maka hal ini sangat menguntungkan bagimu. Karena kamu bisa menggunakan uang tersebut untuk menyicil sewa gaun pengantin yang pastinya akan kamu gunakan saat resepsi pernikahan.

  • Kurangi Kencan dan Alokasikan Sebagai Anggaran Prewedding

Hal ini sudah menjadi kebiasaan atau tradisi yang tidak mungkin ditinggalkan, apalagi bagi kamu yang tengah rindu dan sangat ingin bertemu dengan pasanganmu. Banyak sekali yang menghabiskan waktu dengan pasangannya di tempat umum seperti restoran, mall dan cafe-cafe. Padahal hal inilah yang membuat kamu tidak sadar akan uangmu yang menyusut sedikit demi sedikit dan habis. Lebih baik kurangin kencanmu supaya uang yang kamu gunakan dapat tersisihkan untuk ditabung dan dijadikan anggaran pre-wedding dengan pasanganmu.

  • Sisihkan Gajimu Untuk Membeli Seserahan

Saat membeli seserahan tidak perlu membelinya sekaligus. Kalian dapat melakukannya dengan cara cerdas yaitu dengan menyicil 1 barang setiap bulannya. Jadi dalam setahun kalian sudah mempunyai 12 barang seserahan. Tinggal kalian hias kemudian bungkus secantik mungkin, jadilah seserahan untuk resepsi pernikahan kalian.

  • Carilah Tambahan Penghasilan

Agar biaya pernikahanmu mencukupi, kamu dan pasanganmu akan membutuhkan uang tambahan. Banyak sekali cara yang bisa dilakukan kamu agar menambah penghasilan yaitu dengan berjualan suatu barang/produk secara media online ataupun offline. Bisa juga dengan berwiraswasta atau mencoba bekerja dengan keahlian dan keterampilan yang kamu miliki diluar pekerjaanmu.

Demikianlah beberapa cara yang kami anjurkan, bila saja kamu bijak dalam menggunakan uangmu, pastinya bukanlah hal yang sulit ataupun mustahil untuk mempersiapkan resepsi pernikahanmu hanya dalam waktu setahun saja. Mulai dari biaya katering makanan, make-up, souvernir, sewa gaun pengantin, wedding venue, band penghibur, ruangan resepsi dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: TRIK MEMILIH WARNA DAN PENEMPATAN BLUSH-ON SESUAI BENTUK WAJAH